Karena Menjalankan Sholat Adalah Hak !

Masjid Al Mujahidin UNY

Wacana meluangkan aktivitas kampus pada jam 12.00-13.00 untuk ishoma (istirahat-sholat-makan) telah terealisasi. Beragam pro dan kontra mewarnai dalam penerapan aturan ini. Mengutip hasil poling di situs www.dakwah-uny.com tercatat hingga tanggal 22 Oktober 2010 pukul 15:29 WIB, dari 75 responden 54 diantaranya menyatakan sangat setuju dengan aturan ini. Adapun yang menjawab setuju sebanyak 11 responden (14.7%). Sedangkan yang menjawab tidak setuju dan sangat tidak setuju masing-masing sebanyak 4 responden (5.3%).

Lebih dari satu bulan kebijakan ini bergulir dinamika di lapangan sangat bervariasi. Ada jurusan yang mengaplikasikannya dengan memberi jeda ishoma pada kuliah jam ketiga. Namun banyak pula yang tidak menerapkannya. Pihak dosen dan mahasiswa menyepakati untuk mengundur waktu ishoma mereka diakhir. Dengan kata lain, meski ada aturan istirahat untuk menjalankan sholat dzuhur, mereka tetap tidak sholat di awal waktu.

Fian Lukas mahasiswa Pendidikan Ekonomi 2007 mengatakan, “Ada jam istirahat itu bagus. Apalagi tujuannya untuk ishoma. Tapi ada juga yang tidak memanfaatkan untuk ishoma. Tetap saja lanjut kuliah”.

Sungguh sangat disayangkan kesempatan ini disia-siakan. Aturan yang telah dirancang agar meningkatakan ketakwaan civitas akademika hingga menjadi insan bernurani. Tentu tak mudah mewujudkan tujuan ini, dibalik perjuangan ini tentu ada suara-suara sumbang yang mengiringi. Tapi yang perlu kita ingat, menjalankan sholat adalah hak. Dan alangkah lebih baik jika dilakukan di awal waktu, berjamaah dan dimana adzan berkumandang (masjid).

Iklan

2 thoughts on “Karena Menjalankan Sholat Adalah Hak !

  1. iDa_941

    dii mipa pun juga beragam.
    dan di jurusan saya malah mbalik lg ke jadwal lama.
    kuliah jam ke 5 dimulai jam stgah4, selesai jam 17.10.
    kuliah jam ke 3 jam 11 smp jam 1 kurang 20, tp ttp tdk cukup utk isho, apalagi ma.
    jd terkadang kuliah jam ke 4 sering telat.
    namun ada juga dosen yg masuk kul jam ke 4 dimulai jam 2, selesai jam stngah4 lebih 10.

    yah,,,begitulah..

    Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s