Sekolah Pintar Merapi di Barak Pengungsian Maguwoharjo

Becana meletusnya gunung merapi tahun ini memiliki dampak yang luar biasa. Ribuan warga di kabupaten Sleman terpaksa mengungsi ke berbagai titik pengungsian. Salah satu titik fokus pengungsian adalah di Stadion Maguwoharjo. Berdasarkan data terakhir, jumlah pengungsi di stadion ini kurang lebih 22.000 jiwa. Di antara pengungsi banyak terdapat anak-anak usia sekolah. Mereka terpaksa berhenti berhenti karena 217 bangunan sekolah mereka rusak akibat musibah ini.

Tergerak dari hal ini, maka para relawan dari mahasiswa terpadu berinisiatif menyelenggarakan Sekolah Pintar Merapi. Salah satu sekolah berlokasi di sayap timur lantai dasar Stadion Maguwoharjo . Sekolah yang diadakan sejak hari Jumat (5/11) terlihat selalu ramai. Menurut Harafi CNF selaku koordinator sekolah Pintar Merapi , jumlah anak-anak pengungsi yang datang sebanyak 75 anak. “Jumlah itu hanya yang tercatat dalam absensi, tapi jumlah keseluruhan bisa lebih banyak,” ujar mahasiswi Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Pada hari Kamis (11/11), Sekolah Pintar Merapi mengadakan proses belajar mengajar layaknya sekolah formal. Meski dalam keterbatasan seluruh anak mendapatkan pemandu sesuai dengan kelasnya masing-masing. Misalnya bagi anak kelas 2 SD akan dipandu untuk mendapatkan pelajaran menggambar. Sedangkan bagi anak kelas 6 SD mendapat pelajaran matematika. Dilanjutkan program membaca di perpustakaan keliling yang difasilitasi perpustakaan daerah DIY.

Menurut Rendra, siswa SD Blembem Kidul, Kecamatan Pakem merasa senang ada di Sekolah Pintar Merapi. “Disini ada banyak teman”, ujarnya. Tapi saat ditanya tentang sekolahnya yang dulu, siswa kelas satu ini kangen bertemu dengan guru dan teman-teman di sekolahnya.

Di hari sebelumnya, diadakan beragam acara hiburan dan edukatif bagi anak-anak. Ada dongeng, sulap , games, dan atraksi badut. Menurut pihak penyelenggara, sekolah ini akan terus diadakan selagi stadion masih dipenuhi pengungsi. Bagi para dermawan yang ingin membantu masih terbuka lebar. Sekolah Pintar Merapi masih membutuhkan peralatan sekolah, mainan anak-anak, snack dan lain-lain. Untuk informasi bisa menghubungi 085643215534/081227141 (Pidi Winata)

Iklan

One thought on “Sekolah Pintar Merapi di Barak Pengungsian Maguwoharjo

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s