Rencana Allah Pasti Indah

Di kontrakan yang saya huni bersama teman-teman sekampus, ada suatu program yang  dijalankan setiap paginya. Setelah sholat shubuh berjamaah di masjid (tentunya) dan melakukan dzikir pagi, kami adakan  agenda kultum (singkatan dari kuliah terserah antum, karena dari waktu dan tema terserah yang membawakan). Pernah suatu pagi salah seorang teman membawakan tema tentang “syukur”. Hmm… lantas apa istimewanya?? Eitss.. karena terserah yang membawakan, kultum kali ini menggunakan metode tanya jawab, bukan ceramah seperti kultum kebanyakan. Jadilah sebuah kultum yang penuh kesan.

“Kapan antum (bahasa gaul di kontrakan untuk kata ganti orang kedua) patut untuk bersyukur?” Kurang lebih begitu pertanyaan dalam kultum waktu itu. Tak perlu lama-lama berpikir, setiap penghuni lain menjawab dengan pengalaman dan perasaannya masing-masing. Yang menjadi topik paling sering disampaikan adalah, “bersyukur dikala kesulitan melanda”.

Dalam hidup pasti pernah menemui peristiwa-peristiwa yang menguji kesabaran dan keikhlasan. Ketika putus asa terasa menjadi jalan termudah, di saat penyesalan menjadi teman terdekat. Sesungguhnya ketika itu Allah sedang menegur kita. Bukankah jika dalam kesempitan kita sering berdoa dengan khusyuk dan mudah lupa jika sudah berada dalam buaian nikmat. Bukankah lebih mudah terlelap dengan angin sepoi-sepoi dan pasti sulit untuk tidur ditengah badai, puting beliung atau topan.  Allah sayang dengan kita, sehingga tidak mau jika kita tergelincir walau sesaat saja.

Kali ini saya bagikan sebuah tulisan yang pernah tersave di flash disk. Bercerita tentang kegalauan manusia ditengah rencana Allah yang pasti indah. Indah, sungguh indah.

===

RENCANA ALLAH PASTI INDAH

Ketika aku masih kecil, waktu itu ibuku sedang menyulam sehelai kain. Aku yang sedang bermain dilantai, melihat ke atas dan bertanya, apa yang ia lakukan. Ia menerangkan bahwa ia sedang menyulam sesuatu di atas sehelai kain. Tetapi aku memberitahu kepadanya, bahwa yang kulihat dari bawah adalah benang ruwet.

Ibu dengan tersenyum memandangiku dan berkata dengan lembut : “Anakku,lanjutkanlah permainanmu, sementara ibu menyelesaikan sulaman  ini; nanti setelah selesai, kamu akan kupanggil dan kududukkan di atas pangkuan ibu dan kamu dapat melihat sulaman ini dari atas.”

Aku heran, mengapa ibu menggunakan benang hitam dan putih, begitu semrawut menurut pandanganku. Beberapa saat kemudian, aku mendengar suara ibu memanggil, ” Anakku, mari kesini, dan duduklah di pangkuan ibu.” Waktu aku lakukan itu, aku heran dan kagum melihat bunga-bunga yang indah,dengan latar belakang pemandangan matahari yang sedang terbit, sungguh indah sekali. Aku hampir tidak percaya melihatnya, karena dari bawah yang aku lihat hanyalah benang-benang yang ruwet.

Kemudian ibu berkata, “Anakku, dari bawah memang nampak ruwet dan kacau, tetapi engkau tidak menyadari bahwa di atas kain ini sudah ada gambar yang direncanakan,  Sebuah pola, ibu hanya mengikutinya. Sekarang, dengan melihatnya dari atas kamu dapat melihat keindahan dari apa yang ibu lakukan. Sering selama bertahun-tahun, aku melihat ke atas dan bertanya kepada Allah, “Allah,  apa yang Engkau lakukan?”

Ia menjawab : ” Aku sedang menyulam kehidupanmu.” Dan aku membantah, ” Tetapi nampaknya hidup ini ruwet, benang-benangnya banyak yang hitam, mengapa tidak semuanya memakai warna yang cerah?”

Kemudian Allah menjawab, ” Hambaku, kamu teruskan pekerjaanmu, dan Aku juga menyelesaikan pekerjaanKu di bumi ini. Satu saat nanti Aku akan memanggilmu ke sorga dan mendudukkan kamu di pangkuanKu, dan kamu akan melihat rencanaKu yang  indah dari sisiKu.”

Allah berfirman : “Sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan…” (Q.S. Al-Baqarah:155)

Subhanallah… Beruntunglah orang2 yang mampu menjaring ayat indah Allah dari keruwetan hidup di dunia ini. Semoga Allah berkenan menumbuhkan kesabaran dan mewariskan kearifan dalam hati hamba-Nya agar dapat memaknai kejadian-kejadian dalam perjalanan hidupnya, seruwet apapun itu. Amin.

===

Subhanallah, tulisan ini benar-benar membuka pikiran kita bahwa Allah adalah Dzat Yang Maha Pengatur segala sesuatu di alam ini. Mari kita senantiasa bertawakkal kepada Nya.

Iklan

7 thoughts on “Rencana Allah Pasti Indah

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s