Gampang Asyik Menyenangkan Jadi Kenyataan

Fisika katanya sudah jadi satu-satunya pelajaran yang paling gampang, asyik dan menyenangkan. Mungkin pertnyataan itu banyak dikemukakan para pecinta fisika. Itu sih kata yang bisa. Apalagi bagi yang sudah jadi tentor atau guru mata pelajaran ini. Fisika juga bisa jadi menghasilkan. Bagaimana tidak, permintaan privat fisika memang masih jadi primadona saat ini. Alasannya, ya siswa merasa kesulitan untuk belajar fisika.

Akan tetapi saya sangat yakin, dari lubuk hati yang terdalam setiap guru fisika menginginkan siswanya mahir fisika. Begitu juga dengan para tentor privat fisika menginginkan siswa merasa enjoy belajar, meski bisa berarti permintaan privat akan menurun.

Seorang fisikawan Indonesia bernama Yohanes Surya mengemukakan fisika apa adanya. Maksudnya, fisika memang gampang, asyik dan menyenangkan. Kemudian beliau meramunya dengan nama FISIKA GASING. Nah, segampang apa fisikanya? Apa benar asyik dan menyenangkan? Oke, oke. Sobat semua akan lihat pemaparan beliau tentang Gerak Lurus yang menjadi salah satu pokok bahasan wajib fisika di tingkat SMP maupun SMA.

Tuh, gasing kan? Saya rasa penjelasan fisika yang seperti ini dapat dipahami semua orang. Bahkan bagi yang mendalami bidang selain eksak sekalipun. Sebenarnya masih banyak cara menjelaskan fisika agar menjadi gasing. Tapi, apakah cara yang seperti ini bisa diterapkan di sekolah?

Saat ini, metode gasing memang masih banyak diterapkan di bimbingan belajar dengan sebutan yang macam-macam. Apabila diterapkan di sekolah, saya rasa sangat memungkinkan. Tidak ada yang melarang, karena dalam 45 atau 90 menit kelas adalah milik para pengajar. Akan tetapi tentu ada catatan penting, bahwa konsep dasar tetap disampaikan. Hal ini sangat penting agar siswa mampu mensintesiskan satu materi dengan materi yang lainnya.

Semoga melalui tulisan ini, kita sebagai pengajar mampu terus berinovasi ketika menyampaikan materi ajar bagi anak didik kita. Mata pelajaran atau mata kuliah apapun dan disampaikan kepada siapapun pasti dapat dijadikan gasing. Selamat mengajar!

Iklan

One thought on “Gampang Asyik Menyenangkan Jadi Kenyataan

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s