Bukan Soal UAS Matematika Kemarin

Hai, Sob. Ketemu lagi di rumah saya yang sederhana ini. Nah, sekarang saya ingin berbagi tulisan seputar soal matematika. Eittss.. Yang ngga suka matematika jangan kabur dulu. Pertanyaan ini cukup sederhana, kok. Sweerrr.. Perhatikan.

Soal

sumber : sugeng.jogjaphoto.net

sumber : sugeng.jogjaphoto.net

Jika seorang ibu 23 tahun lebih tua dari anaknya. 6 tahun kemudian umur ibunya 5 kali lipat umur anaknya. Pertanyaannya, saat ini dimanakah si anak sedang bermain ?

Setelah baca soal di atas mungkin banyak yang bilang begini,

Tuh kan, ini soal ngaco. Masa ditanya sekarang si bocah main dimana? Ya ngga tahu lah.. Kalau anaknya cowok mungkin sedang lari-larian di lapangan. Kalau anaknya cewek paling main boneka dirumah. Tapi kan ngga ada yang tahu pasti. Ngaco nih.

Hehe.. Kan sudah saya katakan ini matematika, Sob. Nah, sekarang kita jawab dengan sedikit hitung-hitungan.

Pembahasan

Misal, usia si ibu saat kita wakilkan dengan simbol I dan usia si anak disimbolkan A.

Lewat kalimat, “Jika seorang ibu 23 tahun lebih tua dari anaknya” dapat kita tulis:
I = A + 23

Lalu, “6 tahun kemudian umur ibunya 5 kali lipat umur anaknya”:
I + 6 = (A+6) x 5

Karena I = A + 23, selanjutnya kita selesaikan persamaan di atas dengan mengganti simbol I menggunakan A + 23.

(A + 23) + 6 = (A+6) x 5
A + 29 = 5a + 30
29 – 30 = 5a – A
-1 = 4A
A = -1/4

Nah, jadi  umur si anak sekarang -1/4 tahun atau minus 3 bulan sebelum kelahirannya. Kalau ditanya main dimana, yaa… masih main di rahim ibunya lah. Hehe…

Iklan

6 thoughts on “Bukan Soal UAS Matematika Kemarin

    1. ayip7miftah Penulis Tulisan

      karena sejatinya, matematika [termasuk juga fisika] untuk membantu kasus perhitungan yang kita hadapi sehari-hari.
      angka dan simbol adalah alat bantu, bukan hal yang utama.
      namun, kita seringkali terjebak.
      menjejali siswa dengan hal yang abstrak [angka dan simbol]

      Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s