Eksperimen #025: Hidup Tanpa Hukum Gravitasi

Teringat wejangan dari dosen Zat Padat Lanjut dulu, Dr. Heru Kuswanto di sela-sela kuliahnya. Jadi kebiasaan beliau menyisipkan pesan moral dalam materi kuliah dan itu kami nikmati betul. Salah satunya adalah bagian dari dialog  komik strip di atas. Semoga Allah melimpahkan karunia atas ikhtiar beliau mendidik bangsa ini.

Sahabatku, tidak sedikit siswa kita memiliki pendapat bahwa “sebelum ditemukan Newton, hukum gravitasi itu tidak ada”. Untuk membuktikannya, coba ujikan pernyataan itu di siswa Sahabat. Dan tentu saja kita siap menangkal pemikiran salah total itu. Karena dengannya, mereka mulai menghilangkan eksistensi Allah Subahanawataala.  Gawat, kan?

Saya mengingatkan para pengajar -terutama diri saya sendiri- agar senantiasa mengajak siswa untuk merenungi kebesaran Sang Maha Pencipta. Jangan sampai ilmu yang kita ajarkan justru membutakan hati dan iman mereka. Bukankah Allah mengingatkan kita, “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal” ? 

Iklan

3 thoughts on “Eksperimen #025: Hidup Tanpa Hukum Gravitasi

  1. Ping balik: Penerapan Humor dalam Pembelajaran Fisika   | HMPF FKIP UNTAN

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s