Review Blog – Januari 2012

Datangnya awal bulan menandakan rumah saya di dunia maya harus dievaluasi. Saya pikir ini sebuah keharusan, mengingat kalau bukan saya lantas siapa yang mau untuk mengevaluasi. Hehe, iya tidak? Nah, sahabatku yang sekarang sedang menatap monitor. Januari ini menginjak bulan kedua sejak saya berazam kembali aktif di dunia blog. Ada apa saja selama bulan ini. Inilah ulasannya:

  • Munculnya maskot pengajar muda fisika

Seperti review saya bulan lalu, blog  ini didedikasikan sebagai blog pengajar. Maka dari itu, saya reka satu sosok yang mewakili sosok pengajar. Ia akan sering muncul di rubrik “Tukang desain” dalam komik atau artwork. Dia adalah….

 M A S   G U R U

– Pria berambut belah pinggir dan berkacamata
– Suka mengenakan kemeja biru, kadang dipadu jas hitam
– Berpenampilan casual tapi rapi layaknya pengajar
– Mengenai pola dan tikah lakunya? Ikuti saja penampakannya di blog. Hehehe

 .

 

  • Naiknya traffic

Alhamdulillah sekali dan sekali lagi alhamdulillah atas pencapaian traffic/jumlah pengunjung di bulan ini. Berdasarkan statistik yang disediakan wordpress, blog ini dalam Januari 2012 telah dilihat 988 kali. Angka yang  cukup besar bagi saya yang baru mulai jadi aktivis blog. Tetapi apalah arti sebuah angka jika tiada kebermanfaatan. Semoga semakin banyaknya jumlah pengunjung, menambah deretan nominal kebermanfaatan bagi pembaca, juga penulis. Aamiin.

Masih tentang traffic, ada tips bagi sahabat yang juga sedang mengeluti dunia per-blog-an. Cobalah memanfaatkan kanal berita yang memiliki fasilitas “citizen journalism”. Bulan ini saya berhasil mengirimkan beberapa artikel ke VivaNews.com dalam rubrik “ureport”. Artikel-artikel yang termuat adalah “Menghadapi Siswa yang Frustasi”, “Diskusi Peran Era Web 2.0″ dan “Urgensi Mengembangkan Situs Pembelajaran”. Untuk cara pengirimannya, silahkan sahabat membuka kanal berita tersebut.

  • Perkembangan Posting

Jika dilihat dari kuantitas, jumlah posting-an bulan ini menurun dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini karena pada Januari, saya memiliki banyak kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. Ah… tapi itu hanya alasan. Yang pasti inilah catatan negatif evaluasi pada bulan ini. Berikut list posting pada Januari 2012:

  1. Sekilas Tentang Motivasi Belajar
  2. Eksperimen #022: Guru Juga Manusia
  3. I Believe…
  4. Prinsip Pengembangan dan Pendidikan Profesi Guru
  5. Review Blog –Desember 2011
  6. Diskusi Peran Era Web 2.0 Bareng Pak Yusuf
  7. Menulis Lewat Ponsel
  8. Eksperimen #023: Poconggg = Benda Maya
  9. Inspiring Teacher on KataQita Magazine
  10. Dakwah Lewat Seni, Why Not?
  11. Eksperimen #024: Stand Up Teaching Show
  12. Menghadapi Siswa yang Frustasi
  13. Eksperimen #025: Hidup Tanpa Hukum Gravitasi

Ulasan ini adalah hasil refleksi atas apa yang telah dihasilkan selama satu bulan. Pada mulanya hanya ditujukan bagi diri sendiri sebagai pengelola blog. Namun saya beranikan untuk dipublikasi dengan harapan menjadi semangat bagi sahabat. Insyaallah apa yang kita torehkan di blog adalah catatan yang tidak akan hilang hingga generasi yang akan datang. Karena bisa jadi, cucu-cucu kita menemukan beragam tulisan yang berasal dari blog kita. Ah… bagaimana ya tanggapan mereka? So, AYO NGE-BLOG!!

Iklan

2 thoughts on “Review Blog – Januari 2012

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s