Yang Bergalauan Menghadapi Ujian

Ketika musim ujian datang, hati sebagian orang menjadi tidak tenang. Hari-hari terasa lebih berat, sering resah dan makan tak ada selera. Jaman sekarang fenomena ini dirangkum dalam istilah GALAU. Nah, bagi kamu-kamu juga yang sedang galau menghadapi ujian. Tulisan ini semoga bisa menanggani kegalauanmu.

Pertama, anggap galau terhadap ujian adalah nikmat. Karena artinya kamu masih punya rasa sensitif terhadap pendidikan dan masa depanmu. Tidak sedikit lho, teman-teman kita tidak peduli dengan ujian. Tidak mau tahu dengan pendidikan. Akhirnya tidak cerah dalam masa depan. Kasihan.

Setelah itu, buat kegalauanmu jadi lebih produktif dan berkualitas. Buat dirimu jadi siswa yang belajar secara aktif dan mengerjakan pekerjaan dengan tuntas. Contohnya, jika ada materi ujian yang tidak kamu mengerti. Langsung kamu tanyakan guru atau teman. Jangan andalakan contekan.

Masih galau juga. Malah makin parah. Coba deh kamu lakukan beberapa hal dibawah ini sebelum hari ujian tiba:

1. Mendekatkan diri pada Allah Subahanawataala

Percaya deh, kalau kemampuan manusia ada batasnya. Sehebat apapun dia. So, dekatkan dirimu pada Allah SWT. Mohon doa agar ujianmu sukses. Karena tidak ada bagi Allah yang tidak mungkin. Ujian jadi momentum pertaubatanmu yang paling sungguh-sungguh, wuih keren kan?

2. Perbanyak belajar dari kisi-kisi ujian

Ternyata ujian tidak seseram yang dibayangkan kok. Para penyelenggara ujian telah memberikan kisi-kisi atau gambaran materi yang akan diujian kan? Nah, kalau begitu fokuslah mencermati materi-materi itu. Coba beberapa tipe soal yang terkait dari materi itu, bisa dari guru atau buku. Dijamin, soal ujian nanti tidak jauh-jauh dari soal yang telah kamu pelajari sebelumnya.

3. Bergabunglah dengan teman-teman yang punya semangat belajar tinggi

Ingat, semangat itu menyengat. Apabila di sekelilingmu adalah orang-orang yang gemar belajar, mau tidak mau kamu akan ikut belajar juga. Satu keuntungan lagi kalau kamu bergabung dengan mereka. Jika ada materi atau soal yang tidak kamu pahami, kamu bisa segera mendapat solusi dengan menannyakannya pada mereka.

source: 4.bp.blogspot.com

source: 4.bp.blogspot.com

4. Tidak terlalu berlebihan

Yang namanya berlebihan sering membawa kepada ke dalam ketidakbaikan. Termasuk dalam belajar. Otak kamu perlu istirahat. Ambilah jeda beberapa saat sebelum belajar kembali.  Nah, kalau aktivitas di internet saat ini juga dalam upaya untuk istirahat, silahkan. Tapi ingat hanya jeda. Tidak perlu berlama-lama. Kemudian, belajar dan berdoalah kembali. Ok? Selamat menghadapi ujian!

Iklan

2 thoughts on “Yang Bergalauan Menghadapi Ujian

  1. Ping balik: Hilangkan Galau Saat Hadapi Ujian | Oripedia Info

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s