Dieng, Dataran 1000 Masjid

Alhamdulillah, liburan 6 April kemarin saya bersama teman-teman sekontrakan berkesempatan untuk rihlah ke Dieng. Sebenarnya agenda jalan-jalan kali ini tidak begitu direncanakan. Ketika itu kami memenuhi undangan walimatul ursy di Wonosobo. Setelah acara selesai sayang sekali jika kami langsung balik ke Jogja. Alhasil, kami meneruskan perjalanan ke arah utara menuju Dieng.

Dalam perjalanan menuju kawasan wisata Dieng ada hal menarik yang kami temukan. Melihat panorama indah perbukitan? Tentu saja. Udara sejuk, pemandangan hijau, awan dan kabut yang mengelayut adalah secuil keindahan yang Allah hadirkan di Bumi. Tapi ada hal lain yang menjadi perbicangan panjang selama kami di dalam mobil. Ketika kami memandang perkampungan penduduk dari jalan raya yang terletak perbukitan, kami menemukan masjid dalam hitungan yang luar biasa banyaknya. Tiga, empat bahkan sampai enam.

Cukup mudah membedakan masjid dibandingkan bangunan lainnya. Seperti foto kami di bawah ini. Sahabat pasti dengan mudah menemukan masjid di sekitar bangunan lainnya. Masjid memiliki bentuk atap yang unik dan seringkali dibangun kubah dan menara di dekatnya.

Untuk jarak dari satu masjid ke masjid lainnya juga tidak begitu jauh. Saat kami melewati perkampungan tersebut. Bangunan masjid dapat dengan mudah kami temui baik dari sisi kiri maupun kanan.

Oleh karena itu, kami membuat julukan tersendiri, dieng dataran 1000 masjid. Bukan dalam pengertian harfiah terdapat seribu masjid. Julukan ini hanya menandakan banyaknya masjid di sekitar dataran Dieng.

Nah, bagi sahabat yang sedang melakukan perjalanan ke Dieng, tidak perlu khawatir untuk mencari tempat sholat. Karena masyarakat di Dieng alhamdulillah telah menyediakan masjid yang begitu banyak. Selain itu, sepanjang perjalanan itu pula kami melihat banyak wanita baik muda ataupun yang sudah sepuh mengenakan kerudung dan jilbab. Semoga bukan hanya bertujuan menahan hawa dingin, tetapi karena mereka berusaha mengaplikasikan syariah. Insyaallah.

Semoga keberkahan selalu menyelimuti dataran tinggi yang sejuk ini. Aamiin.

Baca juga:

Iklan

14 thoughts on “Dieng, Dataran 1000 Masjid

  1. ainun arief

    Dieng aja indah sekali mas bro ya, apalagi yang menciptakan, maka dari itu kita harus slalu bersyukur pada NYA (ALLAH SWT)

    Balas
  2. Afien

    Subhanallah. Aku pernah lihat daerah Dieng dari jendela pesawat. Terlihat kilauan cahaya perak di balik bukit dan pegunungan hijau yang sangat mengagumkan. Bingung pada awalnya, cahaya apakah gerangan. Tapi lama kelamaan diperhatikan itu adalah kubah masjid atau musholla yg terkena sinar matahari. Begitu banyak sinar terlihat dari udara. Subhanallah

    Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s