Dieng, Sensasi Wisata Tiga Indera

Agenda liburan ke Dieng kemarin akhirnya membawa kami ke tempat yang luar biasa. Melihat sebuah kawah dalam jarak yang sangat dekat. Satu kawah terbesar di daerah Dieng ini adalah Kawah Sikidang. Konon namanya diambil dari kata kidang atau kijang, satu binatang yang memiliki karakteristik suka melompat lompat. Nah, sifat yang suka melompat inilah yang dianggap seperti halnya uap air dan lava berwarna kelabu yang terdapat di Kawah Sikidang. Selalu bergolak dan munculnya berpindah-pindah bahkan melompat seperti seekor kidang atau kijang.

Berada dalam jarak yang begitu dekat dengan kawah, sudah berarti kami harus rela menghirup belarang dalam konsetrasi tinggi. Aroma menyengat ini sedikit mengusik indera penciuman, apalagi ketika arah angin mengarahkan asap kawah ke arah kita. Tidak hanya indera penciuman, indera peraba dan penglihatan pun mendapatkan sensasi ketika berada di sekitar Kawah Sikedang. Udara dingin yang menusuk sepanjang pori-pori  dan tentu saja panorama luar biasa memanjakan pandangan. Kami menyimpulkan, inilah sensasi wisata dengan tiga indera.

Tidak lengkap rasanya ketika kami serombongan berada di sekitar kawah tanpa membuat dokumentasi. Berikut adalah gambar yang berhasil kami ambil dimana seolah-olah kami sedang berada di ujung lubang yang menghubungkan kami dengan pusat bumi.

 

Seperti sahabat ketahui, untuk kondisi tanah di sekitar kawah pada umumnya, profil tanah di Kawah Sikidang banyak mengandung sulfur. Oleh karena itu memiliki karakter berwarna putih kekuningan. Kondisi inilah yang membuat tanaman sulit tumbuh sehingga pemandangan di sekitar kawah terlihat gersang.

Tapi tunggu dulu Sahabat. Saat hendak kembali ke mobil untuk pulang, saya menemukan satu hal yang menarik perhatian saya. Persis di samping jalan setapak dari kawah menuju tempat parkir mobil. Akhirnya saya kembali mengeluarkan ponsel dan memotretnya. Semoga bisa jadi oleh-oleh spesial saya dari Dieng untuk Sahabat blog semuanya.

.

Bertahan memang tidaklah mudah
Tumbuh menjadi lebih baik sesuai keinginan semua
Namun, yang muda pasti menggantikan yang tua
Meneruskan perjuangan dalam bingkai ibadah
Yakinlah, pasti bisa
Karena ada Allah yang selalu membersamai kita  

.

.

 .

Baca juga:

Iklan

7 thoughts on “Dieng, Sensasi Wisata Tiga Indera

    1. dieng

      @fis Dulu sempat dijadikan atraksi wisata disana, mas 😀 rebus telor dalam kubangan kawah hehe
      @ayip artikelnya keren banget mas (thumbs up)

      Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s