Mengajar dengan Mobile Miracle

Sahabat, dunia informasi memang sudah berubah. Ketidakpahaman terhadap suatu hal agaknya tidak akan lagi diterima. Karena saat ini kita tidak tahu terhadap satu hal, saat ini juga kita bisa mencarinya. Lantas, hitungan detik kemudian kita bisa menjelaskan hal yang awalnya tidak diketahui secara panjang lebar.

Iya, inilah mobile miracle. Seperti yang sudah saya bahas di tulisan sebelumnya, bahwa dikatakan saat ini kita memasuki era web 2.0. Dan aktivitas internet memiliki tren ke arah dunia mobile atau perangkat bergerak. Jadi dengan memegang ponsel, tablet atau laptop kita akan lebih leluasa mendapat akses informasi dari internet.

Maka dari itu jangan heran jika sahabat pengajar menemukan kasus seperti ini:
“Anak-anak ada yang tahu penemuan Archimedes?”
Hening, kemudian ada yang berkata “Bentar Mas kita googling dulu.”

Apabila Sahabat mengajar di tempat yang terkondisikan siswanya mengakses internet secara mobile, tak menutup kemungkinan kasus di atas akan terjadi. Atau tanpa mengatakan ke Sahabat, si siswa sudah mengakses google sendiri. Nah, lantas apa yang harus kita lakukan?

Di satu sisi kita dapat mengapresiasi aktivitas pencarian ilmu pengetahuan secara instan. Karena saya yakin cara ini akan lebih menyenangkan bagi siswa. Jadi, sewaktu-waktu saya anjurkan Sahabat melakukan hal ini, misalnya: “Sekarang kita akan belajar tentang atom, ayo silahkan kalian cari informasi tentang perkembangan teori atom beserta tokoh-tokohnya. Boleh cari di buku-buku perpustakan atau cari di internet.”

Untuk kalangan siswa, tentu aktivitas di internet masih perlu pendampingan. Jadi selain memberikan keleluasaan mengakses internet, Sahabat harus memberikan pengarahan akan penggunakan internet secara sehat. Akhir kata, selamat mencoba dan selamat mengajar!

Iklan

6 thoughts on “Mengajar dengan Mobile Miracle

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s