Menjaga Motivasi Diri Masuk Perguruan Tinggi

Pasca ujian nasional tingkat SMA adalah waktu paling riskan bagi para pesertanya. Pasalnya, setelah itu sebagian dari mereka diberi keleluasaan memilih program studi yang akan dijalani. Keleluasaan ini justru menimbulkan kegalauan karena sebagian dari mereka masih bingung, jurusan apa yang harus mereka ambil.

Setelah mantap menentukan kampus dan jurusan mana yang akan dipilih, seringkali calon mahasiswa akan mengalami kegalauan berikutnya. Setiap perguruan tinggi tentu akan mengadakan proses seleksi untuk menyaring mahasiswa barunya. Tak tanggung-tanggung rasio antara jumlah kursi yang tersedia dengan pendaftar sangat jauh berbeda. Misalnya suatu jurusan hanya menerima 400 mahasiswa baru, tapi jumlah pendaftarnya bisa meledak mencapai angka 10.000. Jadi akan ada 9600 calon mahasiswa yang akan tersisih.

Persaingan yang ketat untuk masuk perguruan tinggi favorit seringkali membuat para calon mahasiswa frustasi. Sebagian besar dari mereka akan mempersiapkan ujian masuk dengan sungguh-sungguh. Mulai dari ikut les di bimbingan belajar atau mengikuti try out di sana-sini.

Pada tulisan kali ini, saya akan sedikit berbagi tentang tips untuk membuat calon mahasiswa termotivasi mengejar kampus impiannya. Sebenarnya ide ini sudah cukup lama, tepatnya sejak sepupu saya tentang satu kampus yang dia incar. Di twitter dia bertanya: “Minta pendapatnya tentang UNS, dong?”

Nah, kemudian saya pun membalasnya dengan beragam pandangan. Sampai pada akhirnya dia jadi tidak percaya diri dan minta untuk dimotivasi. Berikut yang pernah saya sampaikan tidak hanya untuk saudara saya, namun sahabat yang sampai saat ini masih berstatus calon mahasiswa dalam tagar #KampusImpian.

Tips menjaga motivasi mengejar #KampusImpian
1.Milikilah barang yang mencirikan kampus impianmu (misalnya: stiker, PIN, Gantungan kunci atau lainnya)

2. Kenakan PIN, stiker, dll yang bertuliskan/berlogo PTN impianmudi tempat yang sering kamu lihat (misalnya: diary, tempat pensil, kamar,dll)

3.  Carilah info seputar PTN impianmu dari kakak angkatan  yang kuliah di sana. bayangkan kamu seolah-olah jadi dia yang kuliah di sana.

4. Jika ada kesempatan, kunjungi PTN impianmu secara langsung. rasakan aroma lingkungannya. Foto dan pasang di wallpaper.

5. Rajin belajar dan berdoa.


Iklan

2 thoughts on “Menjaga Motivasi Diri Masuk Perguruan Tinggi

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s