Mas Guru: “Indah” Itu Adalah

Inspirasi komik kali ini datang dari obrolan malam bersama teman-teman sekontrakan. Tepatnya Hajid si mahasiswa Kimia yang menceritakan kisah dosennya. Suatu waktu si dosen saat memberikan kuliah menampilkan gambar struktur kimia yang rumit. Kata Hajid gambarnya lebih mirip dengan bahan jeans. Nah, tapi si dosen malah berkata, ” Strukturnya indah sekali…”

Kasus serupa juga pernah saya alami. Karena saat ngobrol ada Ulil (dia teman sekelas saat kuliah), kami mengingat-ingat satu dosen yang pernah separuh jam kuliahnya asyik mengambar sinar-sinar di papan tulis dengan kapur warna-warninya. Selesai mengambar, di menit-menit akhir kuliah mengagumi gambar yang ia buat. Dan kami mahasiswanya hanya termenung menatap goresan warna-warni di depan. Entah tanda paham atau?

sumber: wn.com

Seringkali kitapun sebagai pengajar terjebak pada kasus-kasus seperti di atas. Terkadang kita memandang takjub sebuah fenomena, tapi tidak memerhatikan kondisi siswa kita. Bisa jadi bagi kita hal luar biasa, tapi bagi siswa yang belum sampai pengetahuannya menjadi hal itu biasa atau tidak menarik sama sekali. Satu kalimat yang masih saya ingat dari pembicara sebuah agenda di kampus dulu:

Dewasa bukanlah yang ingin dipahami, tapi yang mampu memahami .

Semoga kita mampu untuk demikian. Mampu memahami kemampuan dan menyelaraskan keindahan ilmu pengetahuan yang kita rasakan ke murid-murid kita. Bukankah mereka sedang dalam proses belajar? Maka tidak selamanya apa yang kita tahu mereka juga tahu. Bukankah mereka adalah orang yang harus kita pahami?

Iklan

3 thoughts on “Mas Guru: “Indah” Itu Adalah

  1. F.Galih Mahardi

    Memang hal semacam ini seringkali terjadi, dalam mengajar mungkin sebaiknya terjadi tawar menawar antara guru dan murid, bgmn baiknya kegiatan belajar mengajar dikelas bs efektif dn tersampaikan mksud tujuannya.. jd ada komunikasi dua arah, bukan 1 arah.. mungkin demikian, salam 🙂

    Balas
  2. Putrie Jrs

    Fisikaaa ❤ ❤

    "Semoga kita mampu untuk demikian. Mampu memahami kemampuan dan menyelaraskan keindahan ilmu pengetahuan yang kita rasakan ke murid-murid kita."
    Amin

    Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s