Memilih Sekolah Unggulan

Orang tua mana yang tidak ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. Pasti segala usaha dilakukan agar si anak mendapatkan pengalaman belajar yang paling optimal. Satu langkah yang cukup menentukan dalam hal ini adalah dalam memilih sekolah. Setiap orang tua memang seharusnya mencarikan sekolah terbaik atau unggulan bagi anaknya. Tapi sebenarnya apa sih sekolah unggulan? Apa sekolah yang menyematkan kata “unggulan” di namanya? Atau yang sudah berlabel standar nasional bahkan internasional?

Sahabat, dalam pengalaman saya mendampingi adik-adik di bimbingan belajar dan privat, ada satu cerita yang ingin saya bagikan. Sebagian besar dari mereka sering mengeluhkan proses belajar di sekolah. Mulai sikap guru yang tidak asik, penjelasan yang tidak dimengerti sampai  suasana sekolah yang bikin tidak betah. Apa karena mereka belajar di sekolah pinggiran? Nah, ini dia yang jadi pikiran. Ternyata kebanyakan dari mereka adalah yang bersekolah di tempat yang terkenal unggul di kota kami.

Menanggapi hal di atas, berikut ini sekedar tips tentang menilai sekolah unggulan yang pernah saya baca dari sebuah majalah. Dalam salah satu artikelnya, dijelaskan bahwa ciri-ciri sekolah unggulan antara lain:

1. Adanya Kepala Sekolah yang Visioner

Sosok kepala sekolah ibarat supir sebuah kendaran. Kemana arah gerak kendaraan pasti berada di tangan supir. Maka dari itu, di tangan kepala sekolah yang memiliki visi seluruh gerak sebuah sekolah dapat dipastikan akan terkendali dengan baik. Karena dia adalah manajer bagi karyawan, teladan bagi rekan guru dan orang tua bagi peserta didik. Maka dari itu dibutuhkan orang dengan loyalitas tinggi terhadap pendidikan untuk menjadi pemimpin sebuah sekolah unggulan.

2. Memiliki Kurikulum yang Integral

Berbicara tentang kurikulum, tidak berarti hanya sekedar kegiatan belajar mengajar di kelas. Sebuah sekolah unggulan sudah dapat dipastikan memiliki prestasi akademis yang gemilang. Akan tetapi, segala aktivitas peserta didik di luar kelas pun harus mendapat perhatian bagi sekolah unggulan, seperti kegiatan ko-kulikuler dan ekstrakulikuler. Dengan demikian peserta didik akan mendapat pengalaman belajar yang utuh baik dari sisi intelektualitas dan sosial. Tidak berhenti disini, kururikulum yang dijalankan sebuah sekolah unggulan harus mengedepankan sisi agama yang di anut tiap warga sekolah. Agar terciptalah pribadi-pribadi yang utuh di tengah masyarakat.

3.  Memiliki Pengembangan Sumber Daya Manusia

Garda terdepan dalam menjalankan roda pendidikan sebuah sekolah adalah para guru. Merekalah yang berhadapan langsung dengan peserta didik setiap harinya. Sebagai sekolah unggulan sangatlah penting untuk memiliki program-program peningkatan kualitas para gurunya.

Sebuah pelatihan yang pernah Tim KKN kami adakan

4. Lingkungan yang Kondusif

Faktor lingkungan juga memperngaruhi proses sebuah institusi pendidikan. Walaupun sebuah sekolah telah memenuhi ketiga aspek sebelumnya, apabila sekolah tersebut berada di sekitar kawasan konflik. Tentu saja hal ini akan berpengaruh besar terhadap proses belajar mengajar sekolah tersebut. Maka dari itu, perlu diperhatikan dalam memilih sekolah unggulan adalah perihal lingkungan. Apakah disekitar sekolah merupakan kawasan yang kondusif? Apakah lingkungan di dalam sekolahnya juga aman untuk pergaulan anak-anak kita?

Kurang lebih demikian ulasan mengenai ciri-ciri sekolah unggulan. Semoga kita tidak terkecoh dari tampilan gedung atau omongan dari mulut ke mulut tentang sebuah sekolah. Ada baiknya kita telisik lebih dalam tentang sekolah yang akan kita tujukan untuk anak-anak kita. Semoga bermanfaat!

Iklan

3 thoughts on “Memilih Sekolah Unggulan

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s