Belajar di Pantai Wediombo

Liburan kali ini kami berkesempatan untuk mengunjungi Pantai Wediombo. Pantai ini terletak kurang lebih 25km ke arah selatan kota Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Wediombo berada di jajaran pantai pasir putih yang menghadap ke Samudra Indonesia. Untuk namanya sendiri Pantai Wediombo berasal dari bahasa jawa yang berarti pasir yang luas (wedi : pasir dan ombo : luas).

Liburan bareng teman-teman tentor bimbel kali ini memang sedikit berbeda. Karena di antara kami, ada Mas Agung si Pak Dosen yang mengajar Biologi. Dan melihat Pantai Wediombo dalam keadaan surut adalah kesempatan berharga baginya untuk melihat vegetasi dasar laut. Tidak mau kehilangan momen ini, saya pun turut membersamainya melakukan observasi dadakan dan meminta dijelaskan ini-itu. Meski saat sekolah dulu merasa jago Biologi, tapi mendengar penjelasan dari Pak Dosen tentang hewan dan tumbuhan laut membuat saya sering terperanga. “Oooo…” Begitu bunyi yang sering dari mulut saya. Hehe 🙂

Nah, Sobat. Di postingan ini saya bagikan sedikit dokumentasi tentang apa yang saya temui di sekitar karang Pantai Wediombo. Karena hanya menggunakan kamera ponsel 2MP, jadi mohon maaf kalau gambarnya sedikit tidak jelas. Selamat menyimak! 

Subahanallah…! Siapa yang tidak takjub melihat makhluk-makhluk ini. Jangankan diminta untuk menyebutkan namanya, mengatakan bahwa mereka hidup saja kadang kita masih tidak yakin. Dari libaran kali ini saya pribadi banyak belajar. Ternyata dalam hidup ini kita seringkali dihabiskan berpikir tentang “Aku”. Sampai pada tingkat tertentu kita tidak sadar bahwa ada makhluk yang hidup di sekitar kita.

Menurut Mas Agung, kondisi vegetasi di Pantai Wediombo tidak lagi terjaga. Beragam hewan mulai sulit ditemui dan kondisi karang makin banyak yang rusak. Entah siapa yang harus bertanggung jawab atas permasalahan ini. Mungkin mereka yang selalu berpikir “Aku” dan sampai sekarang tidak sadar bahwa mereka ada dan hidup. []

2 thoughts on “Belajar di Pantai Wediombo

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

