Seputar Hasil Belajar Siswa

Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu dalam dirinya telah terjadi perubahan, akan tetapi tidak semua perubahan terjadi. Jadi hasil belajar merupakan pencapaian tujuan belajar dan hasil belajar sebagai produk dari proses belajar.

Belajar memerlukan perpaduan indera yang berbeda untuk menyerap materi atau informasi yang disampaikan. Diperkirakan bahwa perolehan hasil belajar melalui indera pandang berkisar 75%, melalui indera dengar sekitar 13%, dan melalui indera lainnya sekitar 12%. Salah satu gambaran yang banyak dijadikan acuan dalam penggunaan media dalam suatu proses pembelajaran dapat disajikan dalam Dale’s Cone of Experience (Kerucut Pengalaman Dale), seperti yang ditujukan pada gambar berikut ini: 

Kerucut Pengalaman Edgar Dale

Hasil belajar seseorang diperoleh mulai dari pengalaman langsung (konkret), kenyataan yang ada di lingkungan kehidupan seseorang kemudian melalui benda tiruan, sampai kepada lambang verbal (abstrak). Semakin keatas di puncak kerucut semakin abstrak media penyampaian pesan itu. Dari kerucut tersebut menunjukkan bahwa semakin keatas media yang digunakan maka semakin sedikit jenis indera yang turut serta selama penerimaan isi pengajaran atau pesan. Pengalaman langsung akan memberikan kesan paling bermakna mengenai informasi dan gagasan karena telah melibatkan indera penglihatan, pendengaran, perasaan, penciuman dan peraba. Oleh sebab itu, belajar dengan menggunakan indera ganda atau lebih akan memberikan keuntungan bagi siswa. Siswa akan belajar lebih banyak daripada jika materi pelajaran dengan satu stimulus. Jadi, peluang bagi para pengajar untuk selalu mengoptimalkan berbagai media pembelajaran alternatif yang merangsang siswa belajar menggunakan berbagai macam inderanya. Selamat mencoba!

sumber gambar: alhikmahsby.com

Iklan

2 thoughts on “Seputar Hasil Belajar Siswa

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s