Bangga Jadi Indonesia!

Tulisan kali ini saya awali dengan rasa prihatin. Cobalah sejenak kita perhatikan tingkah laku generasi muda di sekitar kita. Bagi Sahabat yang berprofesi sebagai pengajar seperti saya, tentu akan mudah menemukan alasan kalimat pertama tadi. Belum hilang diingatan kita berita tentang tawuran antar sekolah, konflik antar  geng atau kelompok pelajar dan baru kemarin heboh kembali kasus bulyying di lingkungan sekolah. Memprihatinkan bukan?

Lalu sekarang muncul juga fenomena yang kelihatannya biasa saja, namun jika diperhatikan lebih seksama akan menemukan kemirisan juga.  Generasi muda jaman sekarang lebih gemar dengan budaya yang berasal dari luar negeri. Bukan saja gempuran dari negara-negara barat, negara-negara timur pun mulai menginvasi kita dengan budayanya. Coba kita perhatikan siapa yang menjadi idola mereka. Hampir dipastikan mereka juga hafal dengan deretan nama boyband, girlband, groupband , bintang film sampai bintang sepak bola luar negeri. Namun, hafalkah mereka dengan nama atlet Indonesia yang meraih medali di Olimpiade London tahun ini? Para atlet kita yang berlaga tentu tidak berniat dijadikan idola. Namun, yang akan kita cermati adalah tentang kebanggaan terhadap apa yang dimiliki bangsa ini.  Bangsa dan negeri yang kita sebut Indonesia ini bukan hanya memiliki boyband, girlband, groupband , bintang film sampai atlet yang mereka bisa idolakan. Lebih daripada itu. Alam yang kaya, orang-orang yang cerdas dan ramah, serta budaya yang berwarna. Berbanggalah seharusnya menjadi Indonesia!

Agaknya akan terus tersungkur jika kita hanya bicara masalah dan masalah tanpa ada sebuah solusi. Kalau bicara tentang solusi atas permasalahan bangsa ini, saya jadi teringat nasehat ulama kondang dari Bandung yang pernah menyampaikan rumus 3M : Mulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang kecil dan mulai saat ini. Nah, sehubungan dengan masalah membangkitkan rasa bangga akan menjadi Indonesia, saya diberitahu seorang Sahabat tentang agenda “Soul of The Nation”. Agendanya sangat menarik dan perlu saya bagikan ke Sahabat pembaca blog semua.

Jadi begini, dalam gerakan “Soul of The Nation” Sahabat semua diminta untuk menyanyikan salah satu lagu yang akan dipandu bersama Raisa. Oh iya, semua pasti sudah kenal dong dengan Raisa. Penyanyi yang satu ini adalah salah satu anak muda Indonesia yang peduli dengan masalah nasionalisme bangsa ini.  Nah, Raisa akan mengajak Sahabat semua membangkitkan kembali rasa nasionalisme dengan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”. Sahabat juga pasti setuju dengan saya tentang soul lagu ini. Ya, menyentuh sekali. Sampai-sampai lagu ini banyak diputar di acara-acara formal untuk mengingatkan kita pada kecintaan akan negeri ini.

Kalau ada yang bertanya bagaimana cara bergabung di gerakan “Soul of The Nation” akan saya beri tahu sekalian dalam tulisan ini. Sangat mudah kok, Sahabat tinggal mendaftarkan diri ke website  http://soulofthenation.org dan meng-upload video. Sahabat hanya membutuhkan laptop , PC atau gadget dengan webcam. Kunjungi soulofthenation.org lalu rekam ketika sahabat sedang menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”. Terakhir, upload di halaman yang telah disediakan di website tersebut. Mudahkan? Oh iya, penting juga memberi tahu gerakan ini ke Sahabat, saudara atau kenalan yang lain. Karena apa? Karena seluruh video yang terkumpul akan diputar pada tanggal 30 September di Stage Indosat, Istora Senayan, Jakarta. Wuiihh, sahabat akan menjadi salah satu bagian dari orang-orang yang tergugah dan akan menggugah jiwa nasionalisme orang lain.  Keren!

Nah Sahabat, semoga langkah kecil ini jadi upaya diri kita untuk kembali membangkitkan rasa bangga akan bangsa dan negeri ini. Bangga akan alamnya yang kaya. Bangga akan keberagaman yang begitu berwarna, indah dan harus dijaga kerukunannya. Kekayaan dan keindahan ini bukan berarti semena-mena dirampas hanya untuk individu atau golongan tertentu. Tapi bagi seluruh negeri ini.

Oh iya, bagi ada Sahabat yang masih belum jelas tentang gerakan “Soul of The Nation” bisa langsung mengunjungi  website soulofthenation.org. Selamat bergabung!

Iklan

3 thoughts on “Bangga Jadi Indonesia!

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s