Gara Gara Blogging

Apa hebatnya menulis di blog, menulis bualan kok hebat? 

Itulah petikan adegan dalam film I’m Not Stupid Too. Film yang berasal dari Singapore ini patut direkomendasikan bagi Sahabat semua. Tokoh utama dalam film ini adalah seorang blogger dan sempat memenangkan sebuah kontes blog. Namun, potensi yang dimilikinya ternyata tidak mendapat dukungan dari si ibu. Ah, sebegitu burukkah pandangan kebanyakkan orang tentang aktivitas blogging?

Tepat bulan Oktober dua tahun yang lalu saya mencoba apa yang orang sebut blog. Ketika itu senior di kampus menyarankan platform wordpress dengan alasan pengaturannya yang simpel. Benar saja, hanya belajar satu-dua kali saja, saya sudah mampu mengatur tampilan blog dan membuat tulisan secara sederhana. Saat itu karena masih aktif sebagai jurnalis kampus, tulisan yang di-post pun tidak jauh-jauh dari urusan kampus, kuliah atau organisasi.

Setelah satu tahun berjalan, nuansa tulisan yang ada di blog agaknya sedikit berubah. Semua berawal dari ajakan seorang dosen untuk menggarap satu proyek tentang pemanfaatan weblog untuk kalangan guru. Proyek ini sekaligus dijadikan skripsi saya dengan konsekuensi saya bersedia membantu sang dosen menyelesaikan proyeknya. Maka, jadilah satu blog baru (fisikamemangasyik.wordpress.com) yang ternyata pernah dijadikan contoh ketika dosen melakukan pelatihan blog bagi para guru di sekitar Yogyakarta. 

Nah, mulai saat itu muncul ide untuk meneruskan menulis seputar pendidikan dan pengalaman mengajar. Tidak di blog proyek bersama dosen, tapi di blog yang setahun lalu sudah saya bangun ini. Sejak saat itu, tidak hanya lebih rajin menulis di blog. Usaha membangun jaringan mulai saya  gencarkan. Beberapa guru dan blogger yang memiliki blog mapan, saya kunjungi dan mintai saran. Dan ternyata sangat menarik. Selain memiliki gambaran dan belajar tentang profesi ke depan, saya juga memperoleh banyak teman.

Komunitas guru yang akif blogging pun saya ikuti. Guraru atau singkatan dari Guru Era Baru adalah wadah bagi para guru yang diinisiatifkan oleh Acer. Guraru menerima member tidak hanya guru yang sudah mengajar di sekolah. Sehingga saya yang masih mengajar di bimbingan belajar pun boleh mendaftar dan diperkenankan turut berbagi gagasan. Keterkejutan setelah bergabung dengan Guraru terjadi pada beberapa hari yang lalu. Mengingat saya masih menjadi calon guru dan belum lulus kuliah jurusan pendidikan dipercaya masuk jajaran 15 finalis Guraru Award 2012. Memang setiap tahun komunitas ini memberikan award bagi blog guru yang dipandang cukup aktif, tapi apalah dengan blog ini. Akhirnya, gelar juara Guraru tahun ini disandang oleh guru yang memang pantas mendapatkannya, beliau adalah Pak Dedi Dwitagama dari Jakarta. Syukurlah.

Banyak menulis tapi sedikit yang membaca menurut saya tidaklah berdaya guna. Tulisan harus ada yang membaca, kalau bisa banyak yang membaca. Oleh sebab itu, mencari traffic pengunjung blog harus dilakukan. Saat itu Allah menykenariokan saya bertemu teman yang menunjukan jalan agar saya bergabung di Vivalog , komunitas blogger yang dibentuk VivaNews. Dia menjelaskan, di komunitas blogger ini kita bisa mengirimkan tulisan yang sudah terlebih dahulu terpasang di blog. Nah, asiknya tidak semua keseluruhan tulisan akan ditampilkan di halaman Viva. Jadi, kalau pembaca ingin melanjutkan membaca, maka ia akan diarahkan ke blog penulis.

Admin VivaNews dan Vivalog ternyata tidak serta merta membiarkan penulis blog yang mengirimkan tulisan kepada mereka. Para penulis juga mendapat perhatian dan kejutan yang telah mereka siapkan, termasuk pada saya. Maka terjadilah pada bulan ini saya dikejutkan dengan sebuah email dan mention di twitter bahwa saya akan mendapatkan gadget android. Wow! Benar-benar di luar dugaan apalagi pengharapan. Saya yang semula menulis di Viva untuk mencari pembaca, malah diganjar dengan hadiah.  Nah Sob, inilah hadiahnya yang sekarang sering berada di genggaman dan teman dalam aktivitas.

Sebenarnya mencari hadiah dari lomba bukan aktivitas yang sering saya lakukan. Karena terkadang hal itu malah menakutkan. Sebab, setiap kali menulis untuk lomba saya seringkali gagal. Bukan gagal karena sudah dikirim kemudian kalah. Tetapi lebih parah dari itu. Saya kalah karena tidak jadi mengirimkan tulisan. Alasannya, saya tidak menyelesaikan tulisan sampai batas deadline. Iya, Sob. Saat ini saya masih kesulitan jika harus menulis dengan mengejar target. Apalagi targetnya sudah terbayang berupa hadiah. Rasanya, saat menulis jadi tidak bebas dan tidak ikhlas.

Namun, pernah ada satu lomba blog yang pernah saya ikuti. Temanya seputar pariwisata Indonesia. Beruntung sekali di blog pernah posting beberapa tulisan mengenai perjalanan ke satu objek wisata. Alhasil, tidak peduli dengan deadline, karena dengan cepat beberapa tulisan itu saya racik ulang agar menjadi satu tulisan. Inilah lomba blog pertama yang berhasil diikuti karena tidak terlambat dari tenggat waktu yang diberikan panita. Ketika saat pengumuman ternyata blog ini menang dan dipercaya juara satu pula. Alhamdulillah… Hadiah berupa domain, hosting dan asuransi tidak disangka-sangka bisa jatuh ke tangan saya. Namun sayang domain dan hosting belum bisa dioptimalkan. Sedangkan asuransi senilai Rp. 50.000.000,- saat ini sedang dalam proses.

Begitulah cerita perjalanan blog yang sedang Sahabat baca pada bulan ini. Tepat dua tahun yang lalu ketika pertama kali sebuah tulisan diterbitkan dan hampir satu tahun yang lalu ketika blog ini kembali diaktifkan. Segala hal yang telah dipercayakan semoga bisa mengingatkan saya untuk terus aktif berkarya dan  selalu berbagi inspirasi dalam menjalani hari. Teringat wejangan seorang penulis yang pernah menjadi instruktur di satu pelatihan yang saya ikuti. Beginilah yang pernah beliau sampaikan:

So, masih semangat untuk blogging? Masih siap meski dipandang hanya menulis bualan dan menghabiskan waktu luang? Mari kita buktikan dengan menulis blog kita berkembang. Keep blogging and keep sharing! 🙂

11 thoughts on “Gara Gara Blogging

  1. nurfiana

    Alhamdulillah
    saya pertama kali mengetahui blog ini dr pengumuman guraru awards 🙂
    semoga tiada lelah untuk berbagi ilmunya .. :))

    Balas
  2. alytera

    Salam kenal, MaS Guru.

    Ini saya blogwalking, nyari ilmu baru.
    Jangan lupa mampir ke blog saya juga.

    Saya tunggu.
    saya oknum guru.

    Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

