Mas Guru: “Konsultasi Via SMS”

Kalau bisa dianalogikan dengan jalan raya, lalu lintas SMS (Short Message Service) menjelang ujian akhir semester kali ini: PADAT MERAYAP. Hehehe. Iya nih, Sob. Hampir tiap hari selalu ada SMS yang masuk dari siswa. Rata-rata dari mereka biasa menanyakan materi atau soal yang bagi mereka belum jelas. Memang sedari awal saya memperbolehkan siswa untuk berkonsultasi seputar pelajaran fisika melalui SMS, Facebook, Whatsapp atau Twitter. Tapi ternyata sebagian besar mereka masih menggunakan SMS sebagai andalan. Sahabat tahu kan kalau materi Fisika itu seperti apa. Yaps! Ada rumus dan hitungannya. Nah lho! Kalau begitu perlu perjuangan juga saat mengetik balasannya. Misalnya saja nih, persamaan perbandingan periode pegas seperti di komik kan seperti ini: 

Maka, kalau di SMS diketik menjadi T1 : T2 = 2phi x akar (m1/k) : 2phi x akar (m1/k). Coba deh, Sahabat ikut praktekan. Butuh waktu lama kan mengetik dengan berpindah-pindah dari mode huruf ke simbol dan dari tombol alt ke shift.

Bagi saya sebagai pengajar, mendapat SMS pertanyaan dari siswa merasa enjoy-enjoy saja. Karena itu bisa dijadikan indikator kemauan siswa untuk belajar. Tinggal bagaimana kita sebagai pengajar membalasnya agar dapat menjadi pelajaran tambahan bagi siswa. Kalau saya membiasakan menjawab dengan cara memberikan langkah penyelesain, bukan sekedar jawaban. Atau pernah juga memancing siswa untuk menemukan sendiri rumus mana yang ia harus gunakan.

Oh iya, dalam postingan ini juga saya ingin berpesan bagi siswa yang suka bertanya soal lewat SMS (terutama siswa yang saya ajar 😛 ). Mohon kesabarannya saat menunggu balasan, ya! Sekarang sudah tahu kan tidak mudahnya mengetik persamaan dan penyelesaian dari soal Fisika? Hihihi.

Iklan

7 thoughts on “Mas Guru: “Konsultasi Via SMS”

  1. triyanto mekel

    wah, mas kalau saya mending sms saja yang lebih simpel. misal soal ini, jawabane apa gitu, kan ckup ketik A, B, C, D atau E saja…..:D

    Balas
  2. Yaenal Zamrinata (@zamrinata)

    haha, saya paham perasaan anda mas guru. pengalaman kita sama, sms an sama murid yg lg pusing gara2 tugas yg qt kasih. Parah nya sampe ada yg nelp sambil mewek gara2 g bisa ngerjain..haha

    btw, lama gak mampir kesini..gambar2 kartun e iku lho bikin greget bgt. haha keep bl;ogging mas.

    Balas

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s