Mas Guru: “Korban Informasi”

kartunku16

Di jaman informasi, kabar sekecil apapun dapat tersebar dengan cepatnya. Bahkan setiap individu mampu menyebarluaskan kabar berita ke komunitas atau bahkan ke banyak orang di belahan dunia. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau kita bijak dalam menyebarkan informasi kepada orang lain. Bahkan untuk hal yang menurut remeh temeh sekalipun. Karena hal yang sepele bagi kita, bisa jadi sangat penting bagi orang lain.  

Bagi penerima informasi, penting sekali terlebih dahulu melakukan konfirmasi. Apalagi dengan adanya beragam media yang setiap detiknya menyampaikan ribuan kabar. Namun yang terjadi, kita sering langsung mempercayai apa yang kita baca atau saksikan. Bahkan meski itu hanya 140 karakter dalam twitter. Bukannya mengonfirmasi, yang terjadi sebagian dari kita malah asyik ikut menyebarluaskan kabar dan informasi tersebut. Padahal kita belum tahu kejelasan benar-salahnya. Wah, bisa-bisa kita jadi penyebar bohong, lho. Siapa yang rugi? Tentu diri kita sendiri dan orang-orang yang kita berikan informasi.

Sejak jaman dulu, rupa-rupanya salah satu berita yang paling mengembirakan bagi para siswa adalah BATAL ULANGAN. Betul nggak? Ayo ngaku! Apalagi ulangan yang dibatalkan itu adalah ulangan Fisika. Wiiihhh… Rasa “ngeri” yang sudah terpendam semalaman tiba-tiba jadi plong. Begitu kata sebagian orang. Tapi emang fisika seseram itu ya? 😦

Omong-omong soal ulangan, untuk Sahabat yang masih berstatus siswa, ada pelajaran yang bisa kita ambil dari komik di atas. Hati-hati jika menerima kabar pembatalan ulangan. Nggak ada salahnya lho kalian mengonfirmasi ulang kabar tersebut ke guru yang bersangkutan. Atau bisa juga kalian mencari sumber informasi yang lebih terpercaya daripada sekedar katanya. Misal, jika kalian dengar katanya twitter guru, kenapa kalian tidak lihat dan ikuti sendiri twitter guru tersebut. Sekarang banyak lho guru yang memberikan informasi untuk siswa lewat lewat akun twitternya. FYI aja sih akun twitter saya @ayip7miftah, lho! Follow ya! Hehehe… numpang promosi.

Berhati-hatilah dengan informasi sebelum dipelajari lebih dalam. Karena kedalaman sebuah informasi bukan dari seberapa banyak orang yang menyampaikan, tapi seberapa dekat dengan sumbernya.

Iklan

4 thoughts on “Mas Guru: “Korban Informasi”

Selesai membaca, silahkan tulis komentar sahabat di bawah ini ↓

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s